BMW HP2


Motor kelas dunia tidak melulu menjual perangkat peranti pemacu kecepatan. Mengambil langkah berbeda dari pabrikan roda dua kelas satu, seperti Ducati, Honda, dan Kawasaki, BMW lewat produk terbarunya muncul dengan motor berteknologi tinggi. Bertajuk BMW HP2, BMW memang benar-benar mengusung konsep motor berteknologi canggih. Selain kerangka yang tampil dengan segudang sentuhan modern, kecanggihan motor tampak jelas pada bagian mesin.

Untuk urusan mesin, BMW menempatkan jenis mesin motoradalannya, Boxer. Mesin itu memiliki keuntungan dalam segi pendinginan. Sistem yang digunakan pada mesin tersebut mampu menangkap udara yang melintas di depan motor. Udara itu kemudian dipergunakan untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Mesin BMW HP2 punya kapasitas yang menyentuh angka 1170 cc. Dapur pacu yang tangguh tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 128 tenaga kuda.

Kelebihan lain mesin itu adalah menggunakan teknologi terbaru BMW, double overhead camshaft.

Tenaga yang dikeluarkan mesin diatur secara otomatis oleh komputer. Mesin diklaim berukuran lebih kompak, berbobot ringan, dan mudah disetel untuk balapan. Mesin berteknologi double overhead camshaft tersebut kini dilengkapi dua injektor. Keduanya berguna untuk meningkatkan tenaga dalam waktu singkat. Sasis BMW HP2 dibuat dari material alumunium yang dibungkus bodi dengan serat karbon. Itu membuat bobot HP2 Sport lebih ringan 10 kilogram daripada model pendahulunya, R1200S.


Tags: ,

Sharing is sexy

Related posts

0 komentar for this post

Leave a Reply